Hosting Indonesia

tukang sol sepatu yang belum haji sudah mambrur.

Kisah ini aku tulis untuk menambah rasa iman kita kepada Allah ta'ala. Kisah ini mengajarkan kita untuk slalu bersabar dan menerima cobaan dgn ikhlas.
Selamat membaca.

Didesa hidup sebuah keluarga yg miskin, rumahnya sangat sederhana, namanya pak iman. Pak iman adalah sesosok suami yg sholeh dan brtangung jwb.
kita sbg seorg laki2 patut mencontohnya.
Ditengah hiruk pikuk kehidupan dinegri ini, p.iman bekerja sebagai seorang tukang sol sepatu keliling, kalo dipikir s!h pendapatn p. Iman sangatlah minim unt menghidupi keluarganya, namun sifat sabar n istiqomah yg tingi p. Imam bisa menjalani hidupnya.
Keinginan p. Imam dlm hidupnya cman 1, yakni menunaikan haji. Sdikit2 demi sdikt p. Imam mengumpulkan uang unt naik haji.

Kala itu p. Imam tengah brjalan mengelilingi kampung dg menawarkan jasanya sebagai seorang sol sepatu, tp tak seorang pun ada yg mau menjahit sepatunya.
dgn langkah penuh harapan dan keringat membajiri tubuh p. Imam terus berjalan menawarkan jasanya.
Terdengar adzan dzuhur berkumandang, lalu cepat2 bergegas p. Imam mendatangi masjid itu dan melaksanakan ibadah.
seusai sholat p. Imam keluar dr mesjid. Terlihat dari kejauhan ada seorang pengemis tua membawa ke4 anaknya lantas p. Imam mendekatinya. "maaf tuan kami 1 hari blm makan n kami tdk punx tempat tinggal" tanya seorg pengemis dg muka penuh harap pertolngan. Pak imam dg rendah hati menjawab dan bertanya "kalo boleh tw suami ibu kemana dan kenap ibu tdk puny tempt tinggal?" pengimis trsebut menjawab kalo suaminya sdh meninggal dan tempat tinggalnya diambil oleh rentenir krn tdk sanggup membyr utang suaminya. Dalam hati pak imam sangat terenyuh mendengar cerita pengemis tersebut, diajaklah pengemis itu mampir krumah pak imam, "kalo ibu mau, mari ikut saya pulang krumah, alhamdulilah drumh mash ada makanan" berjalanlah mereka brsama pulang krumah p. Imam.

"Tok. . .tok. .tok. . .asalamualaikum. . .ibu. ." "ya bah, tngu bentar" jawab istri p. Imam.
"bah ne spa?" tanya istri pak imam. "ini bu, saudara kita yg bru saja kena musibah, bu mash ada makanan g?" tanya p. Imam. "msh ada pak" kemudian pengemis trsebut dijamu layaknya sang raja.
Seusai makan, pengemis itu pamitan. "mksh bnyak pak, bpak telah memberi kami makan" ujar pengemis. Djawblah p. Imam "sama2 bu, sesama muslimkan harus saling membantu". Dgn jabat tangan pengemis pamitan namun ada sdikit yg berbeda saat pengemis dan pak imam brjabat tangan, terlihat sebuah amlop putih dselipkan pak. Imam, "ambil saja bu, mungkin ini bisa sedkit membantu ibu untuk membyar utang suami ibu" pak imam memberi penjelasan seraya berjabt tangan.

Seandainya semua manusia berhati layaknya pak imam pasti negri ini tdak ada lg yg kelaparan.

2 thn telah berlalu dan sekarang brtepatn dg buln atau musim haji, seperti biasa setiap musim haji pak imam berziarah ke makam kubur ke2 orang tuanya.
seusai berziarah pak imam merasakan jantungnya berdtak kencang, baru disadari pak imam menderita penyakit jantung. Ditahanya rasa sakit tersebut dngan melaksanakan sholat azhar dmushola dkat makam k2 orang tuanya. "allahu akbar" lantunan takbir p. Imam memulai sholat berjamaah, seusai sholat p. Imam mash terlihat berdiri dan bersedekap kedua tangannya. Melhat hal tersebut jemaah lainya melhat p. Imam langsung menegur, teguran pertama tdk djwb oleh p. Imam lantas jemaah menyenggol p. Imam, masya allah ternyata p. Imam telah dipanggil oleh Allah SWT dlm keadaan tengah berdiri mengerjakan sholat. Innalilahi waina ilaihi rojiun. Lantas jasad p. Imam dibawa pulang oleh masyarakat sekitar mushola. sesampainya drumah tangis haru menyelimuti istri dan keluarga p. Imam.
Pak imam langsung dikebumikan dikampungnya.

Masya allah, sungguh bahagianya kita saat ajal menjeput, kita dalam keadaan beribadah dan sangatlah menderita saat kita menjemput ajal, kita didlm bar, didiskotik atw ditempat maksiat lainya.

1 mingu berselang dari sepeninggalnya pak imam.
Terlihat mobil mewah berhenti didepan rumah alm. Pak imam.
"maaf bu, ini bener rumahnya pak imam?" tanya kepada istri pak imam, "benar pak, ada apa y?". Lantas orang tersebut menuturkan dg penuh rasa hormat "begini, kami dari depertemen agama mengabarkan kalaw pak. Imam meninggal ditanah suci saat ibadah haji dan sekarang jasadx sudah dmakamkan dimekah", dengan ragu2 istri pak imam menjawab "tdak mgkin pak, suami saya sdh dkubur 1 migu yg lalu dan makamya ada dkampung ini dan 1 lagi pak, suami saya tidak pernah naik haji"
"kalw ibu tdk percaya ini dokumen dan foto pak imam" dgan segera orang it menyerahkan dokumen dan fto kepada istri pak imam. Allahuakbar, ternyata memang benar dokumen dan foto tsbt asli, dgn rasa haru dan penuh syukur istri pak imam mengucap alhamdulilah.

Demikian cerita mengenai pelajaran hdup, mudah2n dpt menginspirasi kita unt melakukan hal2 yg berguna unt org lain.

0 komentar: